Wajib Membangun Embung Senilai Ratusan Juta, Kades Keberatan Program Pusat

CIANJUR, patas.id – Sejumlah Kepala Desa mengaku keberatan dengan ketentuan Pemerintah Pusat yang mewajibkan alokasi anggaran Dana Desa unt...

CIANJUR, patas.id – Sejumlah Kepala Desa mengaku keberatan dengan ketentuan Pemerintah Pusat yang mewajibkan alokasi anggaran Dana Desa untuk pembangunan retention basin alias embung. Keberatan ini terutama dirasakan oleh desa yang tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Rencana masuknya program pembangunan embung tersebut terungkap dalam kegiatan sosialisasi program dari Kementerian Desa, yakni empat prioritas pembangunan mulai dari BUMDes, embung, Produk Asli Desa (Prukades), dan sarana olahraga di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur, Kamis (10 Agusutus 2017).

Kepala Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah, Dedi Saepudin, mengatakan bahwa sesuai ketentuan dari Kementerian Desa, seluruh desa harus membuat embung atau kolam penampungan air untuk menanggulangi kekeringan di kemudian hari, apalagi kabarnya pada 2019 dan 2020 bakal terjadi kekeringan panjang.

Menurutnya program tersebut bagus, tetapi tidak semua desa bisa membuat embung, sehingga tak akan bermanfaat untuk desa yang tidak mungkin membuatnya. Seharusnya, dana desa dialihkan pada prioritas pembangunan yang lain.

“Seperti di desa kami yang di dataran rendah, pembangunan embung desa tidak memungkinkan. Sabandar menggunakan air dari sungai dan air bersih dari sumur serta Perumdam.”

Oleh karena itu, setiap desa tidak bisa disamaratakan dalam pembangunan embung, apalagi jika harus menganggarkan dana hingga ratusan juta.

“Kami kan tidak ada lahan, susah untuk membendung airnya, dan anggarannya juga harus besar. Kalau dibilang setuju atau tidak, kami setuju-setuju saja, tapi program itu nantinya malah memberatkan desa yang di dataran rendah.”

Di pihak lain, Ketua Apdesi Kabupaten Cianjur, Beni Irawan, menuturkan bahwa keempat program prioritas yang ditentukan oleh Pusat merupakan upaya peningkatan ekonomi warga di kemudian hari, terutama jika nantinya pemberian anggaran tersebut dihentikan.

“Ketika dihentikan, maka salah satu program yakni BUMDes bisa menambah PADes, dan desa jadi mandiri. Asalkan regulasinya jelas dan benar, dari pusat sampai ke bawah.”

Terkait pembuatan embung yang bisa menghabiskan biaya Rp 200-500 juta, Beni mengaku memang tidak bisa disamaratakan. “Kalau yang memungkinkan dibuat embung, ya buatkan. Kalau tidak, kan ada prioritas lainnya. Jadi tidak usah dipaksankan,” kata dia.

Tetapi, Beni yang juga kepala Desa Cirumput Kecamatan Cugenang, menambahkan bahwa desa yang bisa membuat embung sebaiknya menjalankan program tersebut. Pasalnya, embung tersebut bisa menjadi sumber air bersih, pengairan pertanian, dan antisipasi dampak kemarau lainnya di masa depan.

“Jangan sampai seperti Cirumput yang jadi sumber air, tapi ketika kemarau airnya tidak ada. Sama saja dengan tikus mati di lumbung padi. Makanya untuk desa saya akan dibuatkan embung, dan baiknya desa lain juga mengikuti kalau dimungkinkan.”

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, menuturkan, meski empat program prioritas tersebut merupakan program dari Pusat yang dijalankan di tataran bawah, dia menilai program tersebut bakal bermanfaat untuk desa.

“Apalagi kalau untuk embung. Kan diperkirakan 2019 ada El Nino yang mengakibatkan kekeringan panjang. Kalau ada embung, pasti bisa diantisipasi, persediaan air pun bakal aman,” ucapnya. (isl)



The post Wajib Membangun Embung Senilai Ratusan Juta, Kades Keberatan Program Pusat is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,771,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Wajib Membangun Embung Senilai Ratusan Juta, Kades Keberatan Program Pusat
Wajib Membangun Embung Senilai Ratusan Juta, Kades Keberatan Program Pusat
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/wajib-membangun-embung-senilai-ratusan.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/wajib-membangun-embung-senilai-ratusan.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy