Pemkab Janji Menata Taman Makam Pahlawan

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berjanji bakal menata setiap taman makam pahlawan (TMP) di Kabupaten Cianjur. Hal itu dila...

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berjanji bakal menata setiap taman makam pahlawan (TMP) di Kabupaten Cianjur. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap setiap pahlawan di Cianjur, serta jadi sarana edukasi kepada generasi muda terkait perjuangan merebut kemerdekaan.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan bahwa sebagai generasi muda, sudah seharusnya menghargai jasa para pahlawan, baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal dunia.

“Kita bisa meraih kemerdekaan berkat perjuangan mereka,” ujarnya saat ditemui Kamis (17 Agustus 2017).

Herman mengklaim para veteran perang sudah mendapatkan perhatian, bahkan dalam sidang paripurna istimewa pidato kenegaraan, mereka diundang secara khusus dan diberi uang “kadeudeuh” dari pemerintah Kabupaten Cianjur.

“Atas kesadaran semua pihak, kami undang mereka. Sedikitnya kami juga berikan dana kadeudeuh sebagai bentuk kasih sayang terhadap orangtua kita yang sudah memperjuangkan kemerdekaan.” 

Selain itu, lanjut Herman, Pemkab juga menata taman makam pahlawan, dimulai dengan yang ada di pusat kota, yakni di Jalan Siliwangi. Nantinya, trotoar di depan makam akan ditata dengan dipercantik lampu khas. Penataan pun dilanjutkan di taman makam pahlawan di sejumlah kecamatan.

“Ditargetkan Agusutus tahun depan setiap taman makam pahlawan sudah bisa tertata dengan rapi.” 

Sempat diberitakan sebelumnya, Pengurus Komunitas sejarah De Brings Cianjur, Hendi Jo menyayangkan kondisi makam pahlawan di Puncak Bungah Gunung Cadas Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur semakin tidak terawat. Bahkan kini makan tersebut sudah banyak yang rusak dan beberapa di antaranya tertutup rumput liar.

 

Hendi menyayangkan minimnya perhatian terhadap lokasi bersejarah tersebut, apalagi sempat terdengar kabar jika lokasi itu bakal dijadikan destinasi sejarah.

“Tentu sedih dan kecewa, lokasi bersejarah ini dibiarkan begitu saja,” tuturnya seraya melanjutkan bahwa tidak diabaikannya kawasan makam pahlawan itu membuktikan bahwa perilaku warga ataupun pemerintah saat ini belum mencintai dan menghargai sejarah.

“Katanya bangsa yang besar adalah yang menghormati jasa para pahlawannya, tapi melihat situasi seperi ini, terlihat jika kita bukan bangsa yang besar.” 

Untuk diketahui, makam tersebut dibuat atas terjadinya peristiwa Takokak terjadi pada 1947 sampai 1949, saat Belanda kembali menyerbu Indonesia lantaran tak mengakui kemerdekaan bangsa ini. Lokasi yang sunyi dan sulit terjangkau membuat tempat tersebut dijadikan sebagai area pengeksekusian pejuang dan tokoh intelektual. Satu per satu mereka dibawa menggunakan truk. Setelah itu, mereka dipaksa berjalan menyusuri jalan setapak ke tengah hutan di Gunung Cadas untuk menjemput kematian. (isl)

The post Pemkab Janji Menata Taman Makam Pahlawan appeared first on patas.id.



The post Pemkab Janji Menata Taman Makam Pahlawan is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,719,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Pemkab Janji Menata Taman Makam Pahlawan
Pemkab Janji Menata Taman Makam Pahlawan
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/pemkab-janji-menata-taman-makam-pahlawan.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/pemkab-janji-menata-taman-makam-pahlawan.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy