Nasib Salim, Dipasung dan Dikurung Selama 7 Tahun

CIANJUR, patas.id – Salim (32 tahun), warga Kampung Sukamanah II RT 03/RW 05 Desa Sirnajaya Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur, dijemput...

CIANJUR, patas.id – Salim (32 tahun), warga Kampung Sukamanah II RT 03/RW 05 Desa Sirnajaya Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur, dijemput Komunitas Sehat Jiwa lantaran mengalami pemasungan dengan kurungan dan dirantai karena sering mengamuk dan mengalami gangguan jiwa.

Penasihat Komunitas Sehat Jiwa, Nurhamid, mengatakan dirinya sempat bertemu dengan Salim pada tahun 2010. Pada pertemuan awal tersebut, diketahui Salim sudah dikurung selama empat tahun. “Saat itu saya konsultasi dengan psikiater dan saya kirim obat ke Tanggeung setiap bulan. Setelah beberapa lama, Salim dinyatakan sembuh dan bekerja kembali menjadi tukang asong di Bogor,” kisahnya.

Tapi karena pemberian obat terhenti, Salim kembali agresif dan mengamuk. Bahkan sempat menyerang dan merusak rumah warga, selain itu sering melempari pengendara motor dengan batu.

“Lalu Salim kembali dikurung dan dipasung karena sering mengamuk, jika diperkirakan ia sudah mengalami pengurungan selama tujuh tahun.”

Nurmahid menduga faktor genetik berperan dalam perilaku Salim yang sering ngamuk-ngamuk, karena diketahui di keluarga Salim terdapat beberapa anggota keluarga yang menderita epilepsi. Selain itu, pemicunya juga diduga dari faktor ekonomi utang piutang.

“Salim ini tulang punggung keluarga, dia bekerja sebagai tukang asongan di Bogor.”

Nurhamid menuturkan, setelah rehabilitasi selama satu bulan Salim akan bisa melakukan aktivitas seperti biasa asal obat yang dikonsumsi tidak telat. “Untuk konsumsi obat, sebulan juga sembuh. Tapi hingga normal seutuhnya mungkin makan waktu dua bulan,” ungkapnya.

Selain Salim, di Kecamatan Tanggeung namun berbeda desa, terdapat satu pasien lagi yang saat ini sudah dipasung dengan rantai selama 15 tahun. Nurhamid menyebut warga tersebut berada di Desa Margaluyu. Namun dirinya masih menanti dermawan yang mau menjadi bapak asuh untuk pasien tersebut.

Masih adanya kasus pemasungan, kata Nurhamid, menandakan bahwa warga belum sepenuhnya paham tentang sosialisasi Indonesia bebas pasung untuk penderita gangguan jiwa. “Malah di daerah masih banyak yang dikaitkan dengan mistis, yang mengalami gangguan jiwa dibilang kerasukan,” ujarnya.

Nurhamid mengatakan jumlah penderita gangguan jiwa hampir ada di setiap desa di Kabupaten Cianjur. Bahkan jumlahnya saat ini semakin meningkat.

Dalam menangani masalah kejiwaan, Nurhamid mengaku mengalami banyak kendala dimana warga masih memandang hina mereka yang menderita gangguan jiwa, serta kepekaan sosial yang sangat minim dari semua pihak.

“Kendalanya ada pada individu-individu masyarakat dari bawah sampai atas, semua masih banyak yang menganggap hina mereka.”

Dia berharap warga mulai memiliki kepekaan dan kesadaran tinggi bagi anggota keluarganya yang menderita gangguan jiwa untuk segera berkonsultasi dengan psikiater dan dokter.‎ Rumah rehabilitasi Komunitas Sehat Jiwa sendiri saat ini memiliki 14 pasien. Rumah kontrakan tersebut berada di wilayah Cugenang bisa ditempuh dari Jalan Abdulah Bin Nuh dengan sepeda motor sekitar 30 menit. (isl)

The post Nasib Salim, Dipasung dan Dikurung Selama 7 Tahun appeared first on patas.id.



The post Nasib Salim, Dipasung dan Dikurung Selama 7 Tahun is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,719,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Nasib Salim, Dipasung dan Dikurung Selama 7 Tahun
Nasib Salim, Dipasung dan Dikurung Selama 7 Tahun
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/nasib-salim-dipasung-dan-dikurung.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/nasib-salim-dipasung-dan-dikurung.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy