Kurang Dokter, Cianjur Bakal Rekrut PTT Daerah

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal merekrut Dokter PTT Daerah untuk memenuhi kebutuhan dokter di Cianjur. Pasalnya juml...

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal merekrut Dokter PTT Daerah untuk memenuhi kebutuhan dokter di Cianjur. Pasalnya jumlah dokter di Kota Santri masih minim, baik di puskesmas atau di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar, mengatakan, jumlah dokter di Cianjur memang sangat terbatas, bahkan untuk di puskesmas dokter umum masih kurang 10 orang dan dokter gigi sebanyak 24 orang.

“Kalau ikut standar jumlah dokter di setiap layanan memang kurang, baik itu puskesmas ataupun rumah sakit,” kata dia.

Menurutnya, Dinas Kesehatan sudah berupaya berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menempatkan dokter, khususnya dokter spesialis anak dan penyakit dalam. “Rencananya di RSUD Pagelaran tahun ini bakal dapat dua dokter spesialis, itupun masih belum cukup,” kata dia.

‎Namun, lanjut dia, Pemkab Cianjur berencana merekrut Dokter PTT Daerah ‎untuk memenuhi kebutuhan dokter. Menurutnya, rencanya rekrutmen tersebut bakal dilaksanakan tahun depan dengan mempersiapkan anggarannya.

“Kemungkinan jumlah dokter PTT Daerah sebanyak sembilan sampai sepuluh orang. Teknisnya nanti oleh tim kajian. Nanti dibuat komitmen oleh bupati, tunjangan profesinya pun dijamin dan dianggarkan. Diharapkan dengan adanya penambahan itu, pelayanan kesehatan bisa optimal.”

Direktur Utama RSUD Pagelaran, Neneng Efa Fatimah, mengatakan, saat ini ada sebanyak enam dokter spesialis yang meliputi spesialis anak, kebidanan, radiologi, saraf, dan lainnya.

“Jumlah itu sebenarnya sudah sesuai standar untuk RSUD yang terakreditasi D. Tapi melihat banyaknya pasien yang masuk, dokter spesialis harus ditambah, minimalnya ada delapan. Berarti masih kurang dua dokter spesialis lagi.”

Dia menyebutkan, jumlah dokter umum di RSUD Pagelaran ada sebanyak 16 orang. “Kalau dokter umum sudah cukup, tinggal dokter spesialis yang harus segera ditambah,” tambahnya.

Efa mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengusulan standarisati insentif bagi dokter spesialis. “Kami sedang ajukan supaya ada standarisasinya. Itu juga bisa menarik para dokter spesialis ke Pagelaran. Rencananya tahun ini akan ada dua dokter spesialis untuk RSUD Pagelaran, karena kami selalu mengajuka ke pusat, semoga saja bisa tereasisanya. Kami juga berharap ke depan terus bertambah sehingga pelayanan bisa lebih maksimal,” tuturnya.

Sementara itu di RSUD Cianjur saat ini masih kekurangan 19 dokter spesialis. Direktur Utama RSUD Cianjur, Ratu Tri Yulia, mengatakan, saat ini jumlah dokter spesialis di RSUD Cianjur sebanyak 30 orang. Namun idealnya dengan kondisi sekarang dan rencana peningkatan akreditasi, dokter spesialis harus mencapai 49 orang.

“Jadi masih kurang 19 orang dokter spesialis, mau itu dokter anak, penyakit dalam, dan lainnya.”

Ratu mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penambahan dokter spesialis ke Kementerian Kesehatan. Namun yang terlebih dulu diakomodir ialah RSUD Cimacan dengan penambahan dokter spesialis sebanyak lima orang.

“Pendaftarannya kan online jadi se-Indonesia. Tiap tahun pasti kami ajukan. Tapi tahun ini tidak ada penambahan, tetap dengan komposisi yang sama,” ucapnya.Dia menambahkan, tahun ini akan mengajukan lagi untuk penambahan di 2018 mendatang. (isl)



The post Kurang Dokter, Cianjur Bakal Rekrut PTT Daerah is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,711,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Kurang Dokter, Cianjur Bakal Rekrut PTT Daerah
Kurang Dokter, Cianjur Bakal Rekrut PTT Daerah
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/kurang-dokter-cianjur-bakal-rekrut-ptt.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/kurang-dokter-cianjur-bakal-rekrut-ptt.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy