Empat Warga Cirumput Menderita Stroke

CIANJUR, patas.id – Didin Saripudin (50 tahun) warga Kampung Cirumput RT 03/RW 04 Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, sud...

CIANJUR, patas.id – Didin Saripudin (50 tahun) warga Kampung Cirumput RT 03/RW 04 Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, sudah enam tahun menderita stroke. Tidak hanya itu, dia dan keluarganya juga tinggal di rumah tak layak huni.

Untuk kebutuhan sehari-hari dan sekolah anaknya Didin mengandalkan istrinya yang menjadi buruh tani di sebuah perusahaan bunga, dengan pendapatan Rp 20 ribu per hari.

Didin mengatakan, sebelum istrinya, Yuyum (30 tahun), bekerja menjadi buruh petani di perusahaan bunga, dia sempat mengakali kebutuhan pokok mengganti nasi dengan singkong. Beruntung kini keluarganya mendapatkan jatah beras untuk warga miskin untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sudah bertahun-tahun saya mengandalkan istri untuk mencari kebutuhan sehari-hari, saya sempat mengalami masa sulit dimana sehari kadang tak makan.”

Didin banyak berdiam diri dan merenung di rumah panggungnya. Sementara istrinya menjelang siang baru pulang dari kebun dan sibuk di dapur memasak dengan kayu bakar untuk mempersiapkan makan suami dan anak-anaknya.

Para tetangga yang merasa iba dengan kehidupan Didin sering membantu alakadarnya dengan membagi sedikit beras. Namun mereka kadang tak pernah tahu jika keluarga Didin tak punya beras karena keluarga Didin jarang memberi tahu.

“Saya sempat mengandalkan pemberian dari para tetangga, tapi kalau sering, malu,” kata dia.

Kondisi keluarga yang berada dalam ekonomi yang rendah, membuatnya khawatir dengan masa depan kedua anaknya yang hanya mengandalkan penghasilan sang istri dari buruh kebun bunga.

“Dulu saya dagang cilok di sekolah, tapi sejak sakit enam tahun lalu saya sudah tak bisa ke mana-mana lagi,” katanya.

Ternyata, tak hanya Didin yang menderita stroke dan tinggal di rumah panggung di kampung tersebut. Ada tiga orang warga Kampung Cirumput lainnya yang menderita sakit stroke dan tinggal di rumah panggung dan harus berbagi ruangan dengan anggota keluarganya.

Mereka adalah Jaenal (45 tahun) yang menderita stroke sudah 6 bulan, Khoerudin (45 tahun) yang sudah menderita stroke selama 8 bulan, dan Teqih (40 tahun) yang juga sudah menderita stroke selama beberapa bulan.

Jaenal berbeda RT dengan Didin namun masih berdekatan. Sudah enam bulan Jaenal juga menderita stroke dan mengandalkan istrinya bekerja sebagai buruh tani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Keluarga Jaenal juga tinggal di rumah panggung.

Menurut keterangan istri Jaenal, Imas (35 tahun), suaminya sejak jatuh sakit tak mau berobat. “Sudah sempat dibawa keluarga ke Jakarta tapi tidak betah dan pulang lagi ke sini tinggal di sini, sejak sakit sekarang tak mau lagi berobat. Suami saya sudah tak mampu berdiri,” kata Imas.

Imas mengaku sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk tempat tinggalnya. Karena khawatir kondisi suami yang ditinggal bekerja oleh dia dan anaknya pada siang hari.

“Dia aktivitasnya sambil duduk, rumah kami panggung, saya khawatir karena tak ada yang menjaga saat siang, anak saya pergi sekolah,” ujarnya.

Kepala Desa Cirumput, Beni Irawan, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan perbaikan empat rumah tak layak yang dihuni warganya yang menderita stroke. Namun, dia mengungkapkan, anggaran desa terbatas dan pengajuan anggaran tak semudah dan secepat yang diharapkan.

“Saya sempat mencarikan pekerjaan untuk istri warga saya yang menderita stroke, saya bersyukur ada pekerjaan tak jauh dari kampung sehingga istri mereka masih bisa merawat suaminya.”

Dia menambahkan, masalah kesehatan warganya semua sudah masuk program Kartu Indonesia Sehat. Sedangkan kalau soal hunian, semua sedang diajukan namun anggaran terbatas.

“Saya juga menanti uluran tangan dermawan untuk membantu warga saya,” tuturnya. (isl)

The post Empat Warga Cirumput Menderita Stroke appeared first on patas.id.



The post Empat Warga Cirumput Menderita Stroke is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,719,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Empat Warga Cirumput Menderita Stroke
Empat Warga Cirumput Menderita Stroke
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/empat-warga-cirumput-menderita-stroke.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/empat-warga-cirumput-menderita-stroke.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy