Dapat Remisi, 7 Warga Lapas Cianjur Lepas Merdeka

CIANJUR, patas.id – Tujuh warga binaan di Lapas Kelas IIB Cianjur rasakan kemerdekaan seutuhnya setelah mendapatkan remisi dan dinyatakan b...

CIANJUR, patas.id – Tujuh warga binaan di Lapas Kelas IIB Cianjur rasakan kemerdekaan seutuhnya setelah mendapatkan remisi dan dinyatakan bisa bebas. Sementara itu, ratusan narapidana lainnya mendapatkan potongan masa tahanan mulai dari satu sampai enam bulan.

Mereka yang bebas pada momentum peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia rata-rata tinggal satu sampai dua bulan lagi menjalani masa tahanan, sehingga bisa langsung bebas di hari besar ini.

“Tujuh orang bebas, tadi langsung diberi SK kebebasannya oleh Wakil Bupati Cianjur,” ujar Kepala Lapas kelas IIb Cianjur, Yunianto, usai upacara pemberian revisi, Kamis (17 Agustus 2017).

Menurutnya, Lapas Cianjur dihuni oleh 757 orang, terdiri dari 140 tahanan dan 617 warga binaan dengan total petugas 65 orang termasuk tenaga administrasi. Namun yang mendapatkan remisi jumlahnya hanya 499 orang warga binaan.

Secara rinci, warga binaan mendapatkan remisi yang berbeda, yakni 5 orang mendapatkan remisi 6 bulan, 38 orang dapat potongan masa tahanan 5 bulan, 82 orang mendapatkan remisi 4 bulan, 122 orang dapat potongan 3 bulan, 97 orang dapat potongan 2 bulan, dan 150 warga binaan dapat remisi selama sebulan.

“Potongan masa tahannya tergantung pada beberapa syarat, dan yang paling utama ialah sikap serta perilaku baik selama menjalani masa tahanan.”

Yunianto mengatakan, pola pembinaan yang diterapkan di lapas Cianjur berupa pendidikan pondok pesantren dan karakter yang membuat warga binaan cepat berubah sikap. Bahkan mereka juga diberi pendidikan keahlian, sehingga ketika bebas bisa mencari mata pencaharian yang layak untuk pribadi dan keluarga.

“Jika pendidikan keagamaan dan karakter ditonjolkan, pembinaan akan lebih mudah diserap oleh mereka, sehingga sebagian besar bisa menjadi pribadi yang lebih baik ketika keluar dari lapas.” 

Atep bin Abran (30 tahun), salah seorang warga binaan yang bebas, mengungkapkan dirinya bakal kembali ke keluarga dan bekerja pada saudaranya yang memiliki usaha konveksi. Dia bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan sebelumnya, dimana melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

“Saya sudah rindu keluarga, anak dan istri pastinya. Nanti bakal kerja dengan saudara, lebih baik dapat rezeki yang secukupnya tapi barokah dan disyukuri,” ucapnya. (isl)

The post Dapat Remisi, 7 Warga Lapas Cianjur Lepas Merdeka appeared first on patas.id.



The post Dapat Remisi, 7 Warga Lapas Cianjur Lepas Merdeka is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,711,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Dapat Remisi, 7 Warga Lapas Cianjur Lepas Merdeka
Dapat Remisi, 7 Warga Lapas Cianjur Lepas Merdeka
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/dapat-remisi-7-warga-lapas-cianjur.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/dapat-remisi-7-warga-lapas-cianjur.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy