Belajar Menanam Cabai, Kementerian Pertanian Uzbekistan Berkunjung ke Cianjur

 CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima tamu dari Kementerian Pertanian dan pejabat tinggi Republik Uzbekistan, Selasa (...

 CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima tamu dari Kementerian Pertanian dan pejabat tinggi Republik Uzbekistan, Selasa (22 Agustus 2017). Kedatangan mereka jauh-jauh ke Kota Santri tak lain untuk belajar pola penanaman hortikultura, terutama cabai.

Kedatangan mereka di sambung langsung oleh Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman serta Kepala Dinas Pertanian Perkebungan Pangan dan Hortikultura, Mamad Nano. Perwakilan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia juga tampak hadir mendampingi.

Dalam sambutannya, Deputy Prime Minister of Argiculture and Water Resources of the Republic Uzbekistan, Zoir T Mirzaev, menyampaikan bahwa kunjungannya tersebut merupakan salah satu upaya lebih mengeratkan hubungan antara Indonesia dengan Uzbekistan, khususnya dalam bidang pertanian.

Menurutnya, Uzbekistan hampir sama dengan Indonesia, dimana merupakan negara agraris dengan kemajuan di sektor hortikultura. Ada 40 macam sayuran dan buah yang tumbuh subur, hingga dapat memenuhi kebutuhan 33 juta warganya dan mengekspor ke 80 negara di Dunia.

“Yang paling baik itu biji-bijian dan kapas. Setiap tahun produksi sampai 21 juta ton.” 

Namun, lanjutnya, ada beberapa komoditas pertanian yang dinilai belum memuaskan, di antaranya cabai dan paprika. Oleh karena itu, pihaknya sengaja datang bersama pejabat di kementerian pertanian, gubernur, hingga walikota untuk belajar pengelolaan penanaman cabai.

“Maka dari itu, kami juga diarahkan untuk datang ke Cianjur yang produksi pertanian cabainya cukup baik. Sehingga nanti bisa menjalin kerjasama terkait teknologi pertanian agar produksi komoditas cabai bisa maksimal.” 

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan bahwa Cianjur memang terus mengembangkan sektor pertanian, baik padi, hasil perkebunan, hingga hortikultura. Namun terkait cabai, saat ini menjadi komoditas yang diutamakan, baik untuk cabai besar, keriting, tanjung, rawit, hingga paprika.

“Lahan yang digunakan untuk menanam cabai mencapai 1.559 hektar, terbagi di sejumlah wilayah di Cianjur dengan produksi yang cukup baik.” 

Meski begitu, Herman mengaku produksi cabai masih terkendala beberapa hal, di antaranya fluktuasi harga di pasaran dan jadwal tanam yang belum berkelanjutan. “Cabai kan sering naik turun, itu jadi kendala juga bagi kami. Petani juga belum secara profesional dan berkelanjutan menanam cabai. Tapi ke depan diupayakan bisa maksimal,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano, mengungkapkan bahwa produksi cabai di Cianjur bisa mencapai 35 ribu sampai 40 ribu ton per tahun, didistribusikan ke 16 pasar tradisional dan 8 pasar modern di Jakarta.

“Sebenarnya untuk produksi cabai sudah baik, tinggal kendala-kendala yang selama ini terjadi, diperbaiki serta dicari solusinya.” 

Menurutnya, dengan ada kunjungan dari Uzbekistan tersebut, Cianjur bisa bekerja sama dengan Uzbekistan terkait teknologi pertanian cabai. Bahkan ke depan bisa jadi mengekspor cabai ke uzbekistan yang masih kekurangan komoditas tersebut. (isl)

The post Belajar Menanam Cabai, Kementerian Pertanian Uzbekistan Berkunjung ke Cianjur appeared first on patas.id.



The post Belajar Menanam Cabai, Kementerian Pertanian Uzbekistan Berkunjung ke Cianjur is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,771,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Belajar Menanam Cabai, Kementerian Pertanian Uzbekistan Berkunjung ke Cianjur
Belajar Menanam Cabai, Kementerian Pertanian Uzbekistan Berkunjung ke Cianjur
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/belajar-menanam-cabai-kementerian.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/belajar-menanam-cabai-kementerian.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy