Apdesi: Kepala Desa Jangan Alergi dengan Pengawasan

CIANJUR, patas.id – Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur, Beni Irawan, mengingatkan para Kepala Desa ...

CIANJUR, patas.id – Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur, Beni Irawan, mengingatkan para Kepala Desa untuk tidak alergi dengan pengawasan pengelolaan dana desa, sebab yang diawasi adalah amanah anggaran Dana Desa, bukan pribadi kepala desanya.

“Santai saja kalau memang tidak ada penyimpangan, kenapa mesti takut banyak yang mengawasi?” ujarnya saat ditemui di Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur, Kamis (10 Agustus 2017).

Menurut Benu, sejak awal digelontorkannya anggaran Dana Desa, pengawasan di tingkat daerah sudah dilakukan oleh Inspektorat Daerah (Itda). Bahkan adanya pengawasan langsung dari Pusat, termasuk rencananya oleh KPK, tentu akan jadi masukan yang baik agar penggunaan Dana Desa bisa lebih maksimal.

“Yang jadi beban itu karena yang memang menyalahgunakan, kalau berjalan sesuai regulasi, tidak perlu takut. tinggal mekanisme pengawasannya nanti seperti apa. Jangan hanya pengawasan, tapi pembinaan juga ditekankan, sebab bisa saja tidak ada penyalahgunaan tapi karena tidak paham regulasi jadi temuan.”

Beni juga menegaskan Kelapa Desa harus paham jika yang diawasi bukan pribadi mereka, melainkan amanah yang diberikan berupa anggaran Dana Desa. “Perlu diingat, yang diawasi itu Dana Desanya, bukan Kepala Desa. Jadi jangan alergi dengan pengawasan dari segala pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, rencana peningkatan pengawasan terhadap pengelolaan dana sangat dibutuhkan, namun pengawasan oleh Inspektorat pun bakal lebih dimaksimalkan.

“Sebenarnya pengawasan ini membantu mereka, sebab desa punya kebijakan sendiri. Yang penting jangan ada penyalahgunaan anggaran.”

Di samping oleh pemerintah, pengawasan oleh masyarakat juga penting, namun jangan diada-adakan. Laporan dari warga harus sesuai dengan aturan. “Sebenarnya kepala desa harus sadar dengan sendirinya, dengan banyak yang mengawasi, mereka harus memiliki kinerja yang sebaik-baiknya dalam membangun desa yang mandiri,” pungkasnya. (isl)



The post Apdesi: Kepala Desa Jangan Alergi dengan Pengawasan is republished from patas.id

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,719,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Apdesi: Kepala Desa Jangan Alergi dengan Pengawasan
Apdesi: Kepala Desa Jangan Alergi dengan Pengawasan
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/08/apdesi-kepala-desa-jangan-alergi-dengan.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/08/apdesi-kepala-desa-jangan-alergi-dengan.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy