Penerapan Teknologi untuk Genjot Produksi Pandanwangi

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana menerapkan teknologi dalam peningkatan produksi beras Pandanwangi. Minimnya laha...

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana menerapkan teknologi dalam peningkatan produksi beras Pandanwangi. Minimnya lahan produktif untuk menanam padi khas Cianjur tersebut membuat berbagai cara akan dilakukan untuk memenuhi permintaan dan pengembangan.

Kepala Dinas Pertanian Perkebungan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano, mengatakan bahwa penggunaan teknologi untuk sektor pertanian, khususnya pada penanaman Pandanwangi sangat dibutuhkan. Kerjasama dengan berbagai pihak pun dilakukan untuk uji coba teknologi pertanian.

“Paling utama, teknologi pertanian dari peralatan dan pola tanam ini bisa meningkatkan produksi padi pandanwangi.”

Dijumpai patas.id pada Senin (3 Juni 2017), Mamad menuturkan bahwa saat ini lahan pertanian Pandanwangi di 7 kecamatan yang cocok untuk jenis padi tersebut luasnya 448 hektar. Namun dari ratusan hektar sawah itu, tidak lebih dari 100 hektar yang produktif, dengan hasil panen berkisar di 5 sampai 6 ton per hektar.

“Jadi masih minim lahannya, itupun tidak selamanya ditanam Pandanwangi. Ada yang diselang, ada juga yang hanya kadang-kadang ditanami. Makanya teknologi penting diterapkan, supaya dengan lahan yang terbatas, produksi bisa meningkat.”

Mamad mengungkapkan, lamanya masa tanam Pandangwangi yang berumur enam bulan hingga panen membuat petani memilih untuk memprioritaskan menanam padi jenis lain. Apalagi beberapa jenis padi bisa dipanen setelah berumur tiga sampai empat bulan.

Harga yang tinggi untuk Pandangwangi, sekitar Rp 20 ribu per kilogram pun tidak membuat mayoritas petani menjadikan peluang untuk meraih hasil ekonomi secara maksimal.

“Makanya kami dorong mereka untuk menanam padi khas Cianjur ini, apalagi sekarang sudah ada hak atas kekayaan intelektualnya. Jadi, ada jaminan harga tetap stabil, tidak ada pemalsuan, dan pasar pun jelas sebagai beras premium. Ke depan Pandanwangi harus lebih baik lagi, dari produksi hingga pemasaran, kerjasama dengan berbagai pihak akan terus dilakukan untuk mengembangkan padi jenis ini.”

Sementara itu Ketua Asosiasi Petani Pandan Wangi Cianjur, Ibrahim Naswari Gandana, menuturkan bahwa para penggiat Pandanwangi Cianjur bakal ikut mendongkrak produksi Pandanwangi. Dukungan dari pemerintah akan dimaksimalkan untuk mengajak para petani di 7 kecamatan yang bisa ditanam padi khas Kota Santri.

“Dengan sudah adanya hak paten, apalagi sekarang ada penghargaan berupa Tugu Pandanwangi, menjadi semangat bagi kami lebih giat mengembangkan produksi pandanwangi. Kami berharap ke depan pasar semakin luas, nilai ekonomi makin tinggi, dan produksi meningkat,” tutupnya. (isl)

The post Penerapan Teknologi untuk Genjot Produksi Pandanwangi appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Penerapan Teknologi untuk Genjot Produksi Pandanwangi is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Penerapan Teknologi untuk Genjot Produksi Pandanwangi
Penerapan Teknologi untuk Genjot Produksi Pandanwangi
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/07/penerapan-teknologi-untuk-genjot.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/07/penerapan-teknologi-untuk-genjot.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy