Memualkan! Setelah Dibelah Dua, Ikan Ini Melompat-lompat!

JEPANG, patas.id – Sebuah video yang cukup menjijikkan datang dari Jepang. Dalam video berdurasi 01:51 menit tersebut nampak seekor ikan ya...

JEPANG, patas.id – Sebuah video yang cukup menjijikkan datang dari Jepang. Dalam video berdurasi 01:51 menit tersebut nampak seekor ikan yang telah dibelah dua nampak menggelepar-gelepar dan hampir melompat keluar dari nampan di sebuah toko ikan.

Ikan tuna sirip kuning adalah salah satu makanan favorit masyarakat Jepang. Biasanya, sebelum menyayat ikan, seorang koki Jepang akan terlebih dulu menancapkan semacam duri ke dalam otak ikan. Penancapan duri tersebut dilakukan agar otak ikan tak mengirimkan sinyal elektrik pada tubuh ikan. Di Indonesia, kita biasanya memukul kepala ikan terlebih dahulu sebelum menyayatnya.

Namun, rupanya pematian otak ini tak dilakukan oleh sang koki. Akibatnya, meskipun telah dibelah dua, otak ikan masih mengirimkan sinyal pada otot-otot tubuh ikan untuk menggelepar-gelepar dengan dahsyat, demikian beberapa kesimpulan yang diambil netizen saat melihat video ini.

Namun, seorang pakar dari Pennysylvania State University menjelaskan mengapa beberapa ikan dan kodok masih bisa melompat-lompat setelah jantung binatang tak berdetak. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh perbedaan konsentrasi ion. Saat neuron (sel dalam syaraf) tak lagi mendapat sinyal elektrik, maka beberapa saluran tertentu dalam sel akan dimasuki oleh ion sodium. Saat ion sodium masuk,  saluran potasium akan terbuka dan potasium meninggalkan sel-selnya.

Saluran-saluran ini kemudian akan menutup sendiri dan sel saraf terpaksa harus menyeimbangkan kadar potasium dan sodium baik di dalam maupun di luar sel syaraf. Selama proses tersebut terjadi, reaksi berantai pada otot akan terjadi. Inilah yang menyebabkan ikat menggelepar dan bahkan melompat-lompat setelah mati.

Saat ikan malang ini menggelepar-gelepar dan hampir melompat dari nampan, beberapa pengunjung toko ikan malah terdengar tertawa-tawa di latar belakang, seolah menganggap fenomena alamiah ini lucu. Peringatan: video di bawah ini mungkin mengganggu bagi penyayang binatang dan mereka yang cepat jatuh kasihan. (edj)

The post Memualkan! Setelah Dibelah Dua, Ikan Ini Melompat-lompat! appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Memualkan! Setelah Dibelah Dua, Ikan Ini Melompat-lompat! is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Memualkan! Setelah Dibelah Dua, Ikan Ini Melompat-lompat!
Memualkan! Setelah Dibelah Dua, Ikan Ini Melompat-lompat!
https://i.ytimg.com/vi/lz4qorUwFxk/hqdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/lz4qorUwFxk/default.jpg
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/07/memualkan-setelah-dibelah-dua-ikan-ini.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/07/memualkan-setelah-dibelah-dua-ikan-ini.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy