Melanggar UU Cagar Budaya, Ada Bangunan Baru di Gunung Padang

CIANJUR, patas.id – Sebuah rangka bangunan nampak berdiri di di sisi Teras 5 situs Gunung Padang, Jum’at (8 Juli 2017) kemarin, tak jauh da...

CIANJUR, patas.id – Sebuah rangka bangunan nampak berdiri di di sisi Teras 5 situs Gunung Padang, Jum’at (8 Juli 2017) kemarin, tak jauh dari lokasi Warung Bu Ade. Di sekitarnya, nampak beberapa pekerja menjinjing ember kecil berisi adukan semen untuk mengecor fondasi bangunan.

Menurut warga di sekitar lokasi Gunung Padang, bangunan yang sedang didirikan itu diproyeksikan menjadi musholla bagi wisatawan yang datang ke situs purbakala yang terletak di Kecamatan Campaka tersebut.

Namun, apapun fungsi bangunannya, arkeolog Lutfi Yondri dari Balai Arkeologi Bandung berpendapat bahwa zona inti Gunung Padang harusnya steril dari bangunan-bangunan, termasuk saung dan Menara Pandang yang hingga sekarang masih berdiri di sana.

“Dahulu menara pandang hanya dibangun sifatnya sementara karena lahan situs yang terbatas, belum ada pembebasan lahan, makanya dibangun dengan sistim umpak dan siap dibongkar kapan pun bila sudah ada lahan yang bisa digunakan untuk itu.”

Bahkan menurut Lutfi, pembangunan menara pandang tersebut dilakukan melalui penelitian dan rekomendasi terlebih dahulu dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang.

“Saat itu, kegiatan penelitiannya juga melibatkan tenaga pelestari dari BPCB Serang. Nah, sekarang sudah dilakukan pembebasan lahan. Sudah waktunya bangunan itu (Menara Pandang dan saung, red) dibongkar dan dicarikan lokasi pendiriannya di luar zona inti.”

Terkait keberadaan bangun yang belum rampung dan dampaknya bagi kelestarian situs, Lutfi menganggapnya melanggar aturan.

“Bangunan tersebut tak berbahaya, tapi tak sesuai dengan Undang-undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar budaya, bahwa zona inti adalah zona yg diperuntukkan untuk melindungi peninggalan arkeologi, tidak boleh ada bangunan tambahan di sana.”

Berdasarkan penelusuran patas.id, berdasarkan Pasal 86 UU Cagar Budaya, disebutkan bahwa pemanfaatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan wajib didahului dengan kajian, penelitian, dan/atau analisis mengenai dampak lingkungan.

Hingga saat ini, Gunung Padang memang belum memiliki batasan zona yang pasti. Meski demikian, sesuai kajian dari para arkeolog dan geolog, situs purbakala Gunung Padang memiliki serakan bebatuan purbakala yang terbentang di kurang lebih 29 hektar lahan dengan batas 3 sungai di sekelilingnya, yakni Sungai Cikuta, Cipanggulaan dan Sungai Cimanggu. Jadi, meskipun berada di luar kawat, pembangunan fasilitas baru sebaiknya menunggu hasil kajian dan penelitian para ahli terlebih dahulu. (edj)

The post Melanggar UU Cagar Budaya, Ada Bangunan Baru di Gunung Padang appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Melanggar UU Cagar Budaya, Ada Bangunan Baru di Gunung Padang is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Melanggar UU Cagar Budaya, Ada Bangunan Baru di Gunung Padang
Melanggar UU Cagar Budaya, Ada Bangunan Baru di Gunung Padang
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/07/melanggar-uu-cagar-budaya-ada-bangunan.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/07/melanggar-uu-cagar-budaya-ada-bangunan.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy