Lapak Dagang Jadi Pemukiman, Kebun Raya Cibodas Kumuh!

CIANJUR, patas.id – Kawasan Kebun Raya Cibodas tepatnya di zona parkir dan cendera mata, dinilai kumuh. Padatnya pedagang ternyata tidak ha...

CIANJUR, patas.id – Kawasan Kebun Raya Cibodas tepatnya di zona parkir dan cendera mata, dinilai kumuh. Padatnya pedagang ternyata tidak hanya membuat kumuh, namun membentuk satu zona pemukiman yang seharusnya tidak boleh ada dalam kawasan wisata.

Berdasarkan pantauan patas.id, kawasan Cibodas khususnya yang dikelola Pemkab Cianjur yakni di lahan parkir dan oleh-oleh sudah dipadati bangunan semi permanen dan nonpermanen. Padahal kawasan itu seharusnya diperuntukkan bagi pedagang oleh-oleh, dan bukan menjadi pemukiman.

Paguyuban Masyarakat Cimacan (Pamacan), Rama Ariandi, menuturkan bahwa kawasan yang menjadi tanggungjawab Kelompok Pengegerak Pariwisata (Kompepar) harusnya tidak menjadi tempat tinggal. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Bahkan menurutnya, kini lingkungan itu sudah berbentuk kerukunan tetangga/RT.

“Pada intinya mereka punya kapasitas, sayangnya kawasan itu malah jadi kebablasan sampai jadi pemukiman di zona wisata, dimana di sana ada TNGGP, Kebun Raya Cibodas, dan lainnya.”

Rama menambahkan, mayoritas yang tinggal atau bermukim di kawasan tersebut merupakan orang luar atau bukan warga asli dari Cimacan. “Perbandingannya berapa kurang paham (kurang tahu pasti), tapi memang banyak yang dari luar,” katanya.

Oleh karena itu, Pamacan mendorong Pemkab segera merapikan kawasan tersebut, sebab dengan kondisi sekarang, lingkungan luar dari Kebun Raya Cibodas tampak kumuh.

“Jangan sampai kesannya nanti merugikan warga dan pemerintah karena tak ikut aturan atau membuat tidak nyaman dengan kumuhnya lingkungan tersebut.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Yeyen Rohyanda, menuturkan bahwa sejak dirinya menjabat Camat Cipanas, para pedagang di kawasan itus sudah ditekankan untuk tidak menjadikan tempat jualannya sebagai rumah tinggal.

“Sesuai aturannya, di kawasan wisata tidak boleh ada rumah tinggal. Peruntukannya juga jelas, untuk tempat penjual oleh-oleh, bukan ruko, atau tempat tinggal permanen. Di sana pun tanahnya milik Pemerintah RI.”

Yeyen berjanji akan segera melakukan penindakan terhadap pedagang yang menjadikan kawasan yang dikelola Pemkab itu sebagai rumah tinggal. RT di sana pun akan dibubarkan, sebab tidak sesuai.

“Harus segera ditertibkan, kalau tidak pasti akan bertambah banyak dan makin menjamur. Apalagi kan sudah bertahun-tahun kondisinya seperti itu,” katanya. (isl)

The post Lapak Dagang Jadi Pemukiman, Kebun Raya Cibodas Kumuh! appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Lapak Dagang Jadi Pemukiman, Kebun Raya Cibodas Kumuh! is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Lapak Dagang Jadi Pemukiman, Kebun Raya Cibodas Kumuh!
Lapak Dagang Jadi Pemukiman, Kebun Raya Cibodas Kumuh!
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/07/lapak-dagang-jadi-pemukiman-kebun-raya.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/07/lapak-dagang-jadi-pemukiman-kebun-raya.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy