Dua TKW Cianjur Hilang Bertahun-tahun Tanpa Kabar

CIANJUR, patas.id – Kabar buruk kembali muncul dari pahlawan devisa asal Cianjur. Kali ini, 2 Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kabupaten Cian...

CIANJUR, patas.id – Kabar buruk kembali muncul dari pahlawan devisa asal Cianjur. Kali ini, 2 Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kabupaten Cianjur sudah lama tak diketahui kabar dan keberadaannya.

Masing-masing TKW tersebut adalah adalah Nia Nuraeni (23 tahun) warga Kecamatan Bojongpicung, dan Siti Munawaroh (23 tahun) warga Kecamatan Karangtengah.

Ucih (45 tahun), orangtua Nia yang melaporkan ke Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira), menangis ketika mengisahkan kepergian anaknya enam tahun lalu untuk membantu ekonomi keluarga.

“Ia berniat membantu sisi perekonomian keluarga, enam tahun lalu ia pamit untuk pergi ke Arab Saudi.”

Ucih mengisahkan bahwa setelah enam bulan berada di Arab Saudi, Nia sempat menghubungi dan mengirimkan uang. Komunikasi setelah enam bulan berada di Arab Saudi tersebut merupakan komunikasi terakhir dengan Nia.

Ucih dibantu dengan beberapa anggota keluarga lainnya kemudian mencari sponsor yang memberangkatkan Nia. Namun bukan kabar baik yang diterima warga Kampung Pasirkunci, Desa Nanggala Mekar, tapi jawaban ketidakpastian mengenai keberadaan anaknya tersebut.

“Saya sudah mencari kemana-mana, Pak. Sekarang saya tambah sedih, selain kehilangan anak, suami juga sudah meninggal.”

Ucih mengaku sangat mengharapkan ada titik terang mengenai keberadaan anaknya tersebut. Ia masih memiliki keyakinan dan berharap anaknya ditemukan lalu bisa dipulangkan ke Indonesia.

Kekhawatiran juga dirasakan oleh Olib (52 tahun), ayah Siti Munawaroh. Sejak enam tahun lalu berangkat ke Arab Saudi, Siti hilang kontak hingga saat ini. Warga Kampung Lio RT 01/08, Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, ini juga melapor bareng dengan keluarga Nia. “Sejak pergi enam tahun lalu tak ada kabar apapun, tak pernah komunikasi lagi.”

Olib juga mengaku sempat mencari sponsor yang memberangkatkan Siti di kawasan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Namun saat didatangi, yang bersangkutan sering tak ada di tempat. Olib pun sempat melapor kepada berbagai pihak untuk menelusuri keberadaan anaknya namun masih nihil.

“Saya berharap sama ingin ada titik terang dimana keberadaan anak saya yang berangkat tahun 2011 lalu.”

Ketua Astakira, Hendri Prayodi yang mendapat laporan dari keluarga TKW mengatakan, pihaknya akan melakukan langkah pengumpulan dokumen mengenai kedua TKW yang hilang tersebut. Lalu ia akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Langkah pertama yang akan kami lakukan yaitu mengecek paspor kedua TKW tersebut ke Imigrasi, selanjutnya kami akan melaporkan kasus ini ke BNP2TKI dan Kemenlu.”

Selain Nia dan Siti, Hendri mengatakan ada tujuh TKW lainnya yang dikabarkan ingin pulang, namun saat ini baru satu TKW yang sudah berada di Ciranjang. TKW tersebut atas nama Sriwati yang juga melaporkan bahwa hak dua tahun gajinya ingin dipenuhi.

“Dari tujuh TKW yang ingin pulang kemarin, satu TKW sudah berada di tanah air namun hak dua tahun gajinya belum dibayar,” ujarnya. (isl)

The post Dua TKW Cianjur Hilang Bertahun-tahun Tanpa Kabar appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Dua TKW Cianjur Hilang Bertahun-tahun Tanpa Kabar is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Dua TKW Cianjur Hilang Bertahun-tahun Tanpa Kabar
Dua TKW Cianjur Hilang Bertahun-tahun Tanpa Kabar
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/07/dua-tkw-cianjur-hilang-bertahun-tahun.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/07/dua-tkw-cianjur-hilang-bertahun-tahun.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy