Diah Piatloka Ajak Seluruh Pihak Menjaga Ideologi Pancasila

CIANJUR, patas.id – ‎Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Diah Pitaloka, mengajak seluruh pihak untuk menjaga kesatuan dan ideologi P...

CIANJUR, patas.id – ‎Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Diah Pitaloka, mengajak seluruh pihak untuk menjaga kesatuan dan ideologi Pancasila. Keberadaan organisasi Masyarakat (Ormas) yang bertentangan dengan Pancasila pun harus dicegah.

‎Menurutnya, pemerintah sudah mengambil langkah terbaik untuk mencegah timbulnya Ormas yang bertentangan dengan Pancasila, yakni dengan dikeluarkannya Perpu Nomor 2/2017 tentang Perubahan atas UU 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perpu Ormas).

“Regulasi ini sangat mungkin mencegah timbulnya organisasi yang bertentangan atau melawan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.”

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga sebelumnya membentuk Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang bekerja untuk membantu Presiden dalam memantapkan pengamalan Pancasila .

“Situasi ini memperlihatkan bahwa pemerintah memandang bahwa pemahaman masyarakat terhadap 4 Pilar kebangsaan masih harus terus dikencangkan. Diharapkan warga juga mampu ikut berpartisipasi mencegah keberadaan Ormas yang bertentangan tersebut,” ungkap wakil rakyat dari Dapil Cianjur dan Bogor tersebut ‎dalam sosialisasi 4 pilar ‎di Cianjur.

Diah mengungkapkan, konsensus kebangsaan yang telah disepakati para pendiri bangsa mengalami ancaman nyata karena tumbuhnya organisasi-organisasi yang memanfaatkan kebebasan yang dijamin oleh 4 pilar kebangsaan.

“Karena itu, sebagai warga Negara, kita sebaiknya memahami bahwa pendiri bangsa kita menjadikan 4 pilar sebagai payung bagi seluruh golongan di republik ini, bukan menjadikan negara yang untuk sebagian atau satu golongan saja.”

Diah menambahkan, Indonesia adalah negara besar, bahkan anggota ASEAN lainnya jika wilayah dan penduduknya digabung, tetap lebih besar Indonesia. “Selain bangga dengan pencapaiannya selama ini, kita wajib menjaga warisan Indonesia ini dengan sebaik-baiknya.”

Diah juga mendorong masyarakat untuk menghindari berita-berita yang mengajak kepada perpecahan dan permusuhan serta bersifat SARA. “Masyarakat harus lebih cerdas menggunakan informasi dengan baik. Bukan semata-mata mengkonsumsi informasi tanpa melakukan analisa atas informasi yang beredar,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria, Iwan Nurdin, yang hadi‎r dalam salah satu reses Diah Pitaloka di Cianjur pada Rabu (26 Juli 2017y, mengungkapkan bahwa Pancasila sebenarnya telah hidup dengan baik, sila pertama hingga keempat sudah hidup dan dilembagakan dengan baik.

“Namun, sila ke-5 Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia memang menjadi PR besar bagi pemerintah dan DPR. Karena itu, usaha-usaha pemerintah untuk menciptakan kemajuan dan keadilan harus terus ditagih dan didorong. Sebab, lambatnya kehadiran Sila ke-5 dapat merongrong sila-sila lainnya.”

Salah satu usaha yang harus dilakukan dalam menciptakan sila kelima tersebut adalah menjalankan redistribusi tanah kepada petani dan masyarakat miskin lainnya. Sehingga kesejahteraan di desa khususnya kepada petani akan semakin baik.

“Rencana pemerintah melakukan reforma agraria berupa redistribusi tanah yang harus dirasakan seluruhnya, termasuk di Cianjur,” pungkasnya. (isl)

The post Diah Piatloka Ajak Seluruh Pihak Menjaga Ideologi Pancasila appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Diah Piatloka Ajak Seluruh Pihak Menjaga Ideologi Pancasila is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,711,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Diah Piatloka Ajak Seluruh Pihak Menjaga Ideologi Pancasila
Diah Piatloka Ajak Seluruh Pihak Menjaga Ideologi Pancasila
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/07/diah-piatloka-ajak-seluruh-pihak.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/07/diah-piatloka-ajak-seluruh-pihak.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy