Sekolah Lima Hari, Pelajaran Agama Akan Jadi Kegiatan Ekstrakurikuler

PATAS.ID – Menyusul sistem sekolah 5 hari yang akan diberlakukan mulai tahun ajaran baru 2017/2018, dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI, Sela...

PATAS.ID – Menyusul sistem sekolah 5 hari yang akan diberlakukan mulai tahun ajaran baru 2017/2018, dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI, Selasa (13 Juni) kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali mengeluarkan wacana yang menjadi perbincangan hangat, yaitu bahwa pendidikan agama akan dihapus dari mata pelajaran di sekolah.

Muhadjir beralasan sekolah lima hari tidak sepenuhnya berada di sekolah. “Guru dan siswa hanya berada di dalam kelas beberapa jam. Selebihnya di luar kelas atau sekolah,” ujarnya. Oleh karena itu untuk pendidikan agama, masing-masing sekolah bisa mengajak siswa belajar di masjid, pura, gereja, atau tempat ibadah lain sesuai agama yang dianut siswa.

Alternatif lainnya, sambung Muhadjir, adalah dengan mendatangkan guru-guru di TPA atau Madrasah Diniyah didatang ke sekolah untuk memberikan pelajaran agama. Dengan sinkronisasi kurikulum, para pengajar ini kemudian berhak memberikan nilai agama kepada para siswa.

“Kalau sudah dapat pelajaran agama di luar kelas, otomatis siswa tidak perlu lagi dapat pendidikan agama di dalam kelas. Nanti, akan kami atur teknisnya, agar pendidikan agama yang didapat di luar kelas atau sekolah itu disinkronkan dengan kurikulum.”

Oleh karena itu, Kemendikbud membantah isu bahwa pendidikan agama dihapuskan. Justru pendidikan keagamaan yang selama ini dirasa kurang dalam jam pelajaran pendidikan agama akan semakin diperkuat melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Muhadjir mencontohkan penerapan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan beberapa kabupaten seperti Kabupaten Siak yang memberlakukan pola sekolah sampai pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan belajar agama bersama para ustadz. Siswa diberi makan siang yang dananya diambil dari APBD.

“Modelnya, setelah selesai, mereka ada pemberian makanan oleh Pemda. Kemudian, diganti oleh ustadz-ustadz untuk pendidikan Diniyah.”

Contoh lain, sambung Muhadjir, adalah di Pasuruan, Jawa Timur. Usai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, siswa diarahkan menuju diniyah untuk memperoleh pendidikan keagamaan.

Soal pembagian makanan bagi siswa di sekolah, Kemendikbud mengaku akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Kementerian kesehatan serta Komite Sekolah. Dengan demikian, makanan anak-anak bisa terjamin tanpa harus membebani orang tua siswa.

“Kemenkes kan juga ada program pemberian makanan tambahan bagi anak, ya? Nanti akan kita maksimalkan. Tapi ya jangan dibayangkan seperti boarding school yang ada dapur dan lainnya,” ujarnya. (cho).

The post Sekolah Lima Hari, Pelajaran Agama Akan Jadi Kegiatan Ekstrakurikuler appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Sekolah Lima Hari, Pelajaran Agama Akan Jadi Kegiatan Ekstrakurikuler is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Sekolah Lima Hari, Pelajaran Agama Akan Jadi Kegiatan Ekstrakurikuler
Sekolah Lima Hari, Pelajaran Agama Akan Jadi Kegiatan Ekstrakurikuler
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/06/sekolah-lima-hari-pelajaran-agama-akan.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/06/sekolah-lima-hari-pelajaran-agama-akan.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy