Sekolah 5 Hari Dinilai Akan Timbulkan Gejolak

CIANJUR, patas.id – Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai full day school yang menambah jam belajar menjadi 8 jam ‎dini...

CIANJUR, patas.id – Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai full day school yang menambah jam belajar menjadi 8 jam ‎dinilai bakal menimbulkan gejolak serta protes dari lingkungan pendidikan keagamaan.
Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Cianjur, Muhammad Toha, menyatakan bahwa ketentuan yang belum jelas dan teknis pelaksanaan di lapangan dikhawatirkan bakal mengenyampingkan pendidikan keagamaan seperti Diniyah Takmiliyah yang sudah berjalan, seperti halnya di Kabupaten Cianjur.
“Kalau sekang belum ada gejolaknya, tapi kalau tahun ajaran baru dan sudah mulai lima hari dengan delapan jam belajar, dimungkinkan ada gejolak. Soalnya bukan hanya di Cianjur, tapi secara nasional. Kekhawatirannya sama, jadi mengenyampingkan pendidikan agama di Diniyah atau madrasah.”
Menurutnya, kebijakan itu perlu dipertimbangkan secara matang oleh pemerintah pusat, terutama Kemendikbud dimana harus disinkronkan dengan kondisi di lapangan.
“Perlu dicermati, jangan seperti melempar sesuatu yang belum dipertimbangkan dampaknya. Tapi ketika ada reaksi baru dilakukan koreksi dan revisi. Harus hati-hati, ini isunya sensitif.”
‎Menurutnya, ‎kebijakan full day school hanya berkaitan dengan penyetaraan hari kerja PNS di lingkungan pemerintahan dengan di pendidikan. Namun hal itu malah berdampak pada jam belajar siswa dan utamanya bisa menggeser penyelenggaraan Diniyah.
“Dasar atau landasannya kan ke sana, tapi dampaknya kemana-mana. Sampai ke penyelenggaraan Diniyah juga terancam bisa tidak terselenggarakan. Kalau alasan lainnya untuk pembentukan karakter dengan memperpanjang jam belajar, pendidikan di diniyah khususnya pendidikan keagamaan sudah lebih memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter.”
‎‎‎Toha memaparkan, ada 2.500 lembaga pendidikan Diniyah dengan 13 ribu tenaga pengajar yang terancam keberlangsungannya oleh kebijakan tersebut. Apalagi biasanya jam belajar di Diniyah atau madrasah itu mulai pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.
“Kalau full day, bagaimana mau sekolah Diniyah? Waktu dihabiskan di sekolah. Secara otomatis, keberlangsungan Diniyah terancam. Apalagi Cianjur juga sudah dijadikan Perda.”
Menurut Toha, perlu ada komitmen di daerah guna mencari celah dari regulasi terseut. Salah satu pernyataan Mendikbud menyebutkan kemungkinan dijalinnya kerjasama dengan lembaga, sebab delapan jam itu tidak selalu belajar secara formal. Namun, Toha mempertanyakan, pendidikan atas kerjasama itu harus dilaksanakan dimana? Sebab jika harus di sekolah, maka gedung atau bangunan madrasah yang sudah ada bakal terbengkalai
“Ini yang jadi pertimbangan juga dan harus duduk bareng untuk dirumuskan celahnya. Jangan sampai nanti bangunan yang sudah ada terbengkalai lantaran pelaksanaannya harus di sekolah.”
Selain itu, kerjasama secara formal juga berdampak pada tenaga pengajar Diniyah. Pasalnya ketika berada di lingkungan formal, tenaga pengajar harus mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.
“Sekarang mayoritas tenaga pendidik masih baru berijazah SMP dan SMA, tapi ‎urusan ilmu agama sudah sangat mampu. Makanya harus dikaji sebagik mungkin supaya tidak bersinggungan dengan yang lain, utamanya penyelenggaraan pendidikan keagamaan,” katanya. (isl)

The post Sekolah 5 Hari Dinilai Akan Timbulkan Gejolak appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Sekolah 5 Hari Dinilai Akan Timbulkan Gejolak is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Sekolah 5 Hari Dinilai Akan Timbulkan Gejolak
Sekolah 5 Hari Dinilai Akan Timbulkan Gejolak
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/06/sekolah-5-hari-dinilai-akan-timbulkan.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/06/sekolah-5-hari-dinilai-akan-timbulkan.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy