Relokasi Warga Terancam Longsor Masih Menunggu Rekomendasi

CIANJUR, patas.id – ‎Warga Kampung Margalaksana RT 01/RW 06 Desa Girimukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur rencananya bakal direlokasi ...

CIANJUR, patas.id – ‎Warga Kampung Margalaksana RT 01/RW 06 Desa Girimukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur rencananya bakal direlokasi jika kondisi di wilayah tersebut sudah tidak lagi dimungkinkan untuk dijadikan pemukiman.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menentukan langsung perlu atau tidaknya relokasi bagi 12 keluarga yang terancam longsor dengan satu keluarga sudah diungsikan lantaran rumahnya rusak terbawa longsor.

“Relokasi mungkin saja dilakukan, tapi tergantung rekomendasi dari Badan Geologi. Hari ini pun kami lakukan pemeriksaan lagi ke sana, dengan menerjunkan seluruh tim ini yang nantinya dilaporkan pada pimpinan dan Badan Geologi,” katanya saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (12 Juni 2017).

Menurutnya, relokasi akibat pergerakan tanah dan longsor sudah beberapa kali dilakukan di Cianjur, seperti di Cibeber, Naringgul, Cipanas, dan wilayah lainnya. ‎Kondisi tanah yang sudah tidak memungkinkan untuk dibuat bangunan membuat warga direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Menurutnya, warga yang pindah tidak selalu diberi bantuan anggaran oleh pemerintah daerah untuk membuat tempat tinggal yang baru. Pasalnya bantuan diberikan berdasarkan prioritas yang dibutuhkan, meskipun sebagian besar dibantu dari anggaran daerah.

“Jadi dikaji dulu, setelah ada rekomendasi dari Badan Geologi kemudian dilihat prioritas bantuannya. Tidak harus relokasi itu pemda mengeluarkan anggaran, sebab ada juga yang sadar dengan sendirinya pindah ke tempat yang aman. Tapi untuk logistik, kami pasti menyediakan.”

‎Seperti yang diberitakan sebelumnya, bencana longsor terjadi di Kampung Margalaksana RT 01/RW 06 Desa Girimukti Kecamatan Campaka. Akibatnya satu rumah rusak berat dan 12 rumah lainnya terancam terkena material longsoran. Bahkan dua keluarga harus diungsikan lantaran khawatir jadi korban jika ada longsoran susulan.

Kejadian longsor tersebut berlangsung pada Sabtu (10/6) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Pada saat itu, Campaka diguyur hujan deras selama beberapa jam, sehingga pergerakan tanah yang berujung pada longsor pun terjadi.

Menurut Asep, longsoran susulan masih mungkin terjadi, sebab hujan deras diperkirakan masih bisa mengguyur Cianjur dengan jangka waktu beberapa jam. Meskipun harusnya pertengahan Juni 2017, sudah masuk ke musim kemarau.

“Rata-rata bencana longsor atau longsor susulan terjadi kalau intensitas hujan tinggi. Selain itu, seperti gempa yang terjadi tadi pagi tidak begitu berpengaruh. Kami harap warga waspada dengan kondisi cuaca yang mungkin saja berakibat longsor,” ucapnya. (isl)

The post Relokasi Warga Terancam Longsor Masih Menunggu Rekomendasi appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Relokasi Warga Terancam Longsor Masih Menunggu Rekomendasi is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Relokasi Warga Terancam Longsor Masih Menunggu Rekomendasi
Relokasi Warga Terancam Longsor Masih Menunggu Rekomendasi
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/06/relokasi-warga-terancam-longsor-masih.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/06/relokasi-warga-terancam-longsor-masih.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy