Mengandung Fragmen Babi, Mie Samyang Masih Beredar di Pasaran

CIANJUR, patas.id – ‎Mie instan bermerk Samyang asal Korea, masih beredar bebas di Cianjur. Produk yang sudah dilarang untuk dijual bebas o...

CIANJUR, patas.id – ‎Mie instan bermerk Samyang asal Korea, masih beredar bebas di Cianjur. Produk yang sudah dilarang untuk dijual bebas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena mengandung fragmen DNA babi‎ tersebut masih tampak terlihat di rak makanan instans di beberapa toko modern di Cianjur.

‎Untuk di ketahui, BPOM menyatakan ada empat produk mie yang harus ditarik dari pasaran karena mengandung DNA babi. Produk mie itu yakni, Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).

Produk mie itu sudah mendaftarkan ke BPOM untuk diberi nomer registrasi makanan. Dalam dokumen pendaftaran, importir mengatakan ada yang mengandung babi dan tidak mengandung. Namun, dari temuan di lapangan, ada produk yang beredar tanpa label ‘mengandung babi’ namun setelah diuji, ternyata mengandung fragmen babi.

BPOM pun menginstruksikan seluruh jajarannya untuk menarik produk mie tersebut di manapun. Sebab, masyarakat harus mendapatkan perlindungan untuk membeli makanan.

Sayangnya, ‎Cianjur rupanya masih belum memberlakukan penarikan salah satu dari produk tersebut, terutama merk Samyang, dari di toko modern atau ritel terbesar di Indonesia.

Berdasarkan informasi, pihak ritel sudah mengeluarkan klarifikasi bahwa produk yang dijualnya tidak mengandung babi. Namun dalam label produknya tidak tercantum jaminan halal atau logo halal dari pemerintah, sehingga masih diragukan.

Bahkan petugas kasir di toko modern di sekitar Pasirhayam yang enggan disebut namanya, mengaku tidak bisa memastikan apakah produk mie itu halal atau tidak.

“Kalau pimpinan pusat di berita bilangnya ini yang tidak mengandung babi‎. Tapi tidak ada label halalnya, jadi tidak bisa memastikan.”

Sementara itu Efra (35 tahun), salah seorang pembeli, mengaku sempat memakan mie tersebut beberapa kali. Rasa pedas mie tersebut membuatnya ketagihan untuk memakannya lagi. Tapi setelah mengetahui ada kandungan babi dalam mie tersebut, dia pun enggan untuk beli.

“Pernah beberapa kali, tidak tahu kalau mengandung babi. Anehnya kenapa bisa lolos dan beredar bebas tanpa ada pemberitahuan mengandung babi. Kan yang dirugikan konsumen.”

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya empat mie yang mengandung babi, pihaknya langsung melakukan komunikasi dengan kepala pasar tradisional untuk memeriksa apa ada di pasar atau tidak.

“Saya sudah beri imbauan untuk yang di pasar tradisional. Dengan begitu bisa segera ditarik dari pasaran, dan warga juga diberi tahu untuk tidak mengkonsumsinya, khususnya umat Islam.”

Terkait keberadaan Samyang di toko modern, lanjutnya, BPOM sudah bekerjasama dengan asosiasi penguraha ritel untuk menarik produknya. Namun jika dalam waktu dekat tidak kunjung ditarik, maka pihaknya yang akan turun tangan.

“Itu kan tanggungjawab para pengusaha di bawah asosiasinya. Kalau memang membandel, kami akan tindak,” ucapnya. (isl)

The post Mengandung Fragmen Babi, Mie Samyang Masih Beredar di Pasaran appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Mengandung Fragmen Babi, Mie Samyang Masih Beredar di Pasaran is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Mengandung Fragmen Babi, Mie Samyang Masih Beredar di Pasaran
Mengandung Fragmen Babi, Mie Samyang Masih Beredar di Pasaran
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/06/mengandung-fragmen-babi-mie-samyang.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/06/mengandung-fragmen-babi-mie-samyang.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy