Makam Pahlawan Puncak Bungah Tak Terawat

CIANJUR, patas.id – Pengurus Komunitas sejarah De Brings Cianjur, Hendi Jo, menyayangkan kondisi makam pahlawan di Puncak Bungah Gunung Cad...

CIANJUR, patas.id – Pengurus Komunitas sejarah De Brings Cianjur, Hendi Jo, menyayangkan kondisi makam pahlawan di Puncak Bungah Gunung Cadas Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur yang semakin tidak terawat. Bahkan kondisi makam tersebut sudah banyak yang rusak dan beberapa di antaranya tertutup rumput liar.

Jurnalis di Majalah Historia itu mengungkapkan, kondisi yang tidak terawat itu diketahui setelah ia mendatangi lokasi pembantaian di Takokak sekitar 1947-1949 itu pada Selasa (20 Juni 2017).

“Tugu sudah ambruk, kotor, dan beberapa makam mulai tertutup rumput liar. Seperti sudah tidak dirawat sejak terakhir saya ke sini,” ujar dia saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (21 Juni 2017). Hendi menyayangkan tidak adanya perhatian terhadap lokasi bersejarah tersebut, apalagi sempat terdengar kabar lokasi itu bakal dijadikan destinasi sejarah.

“Tentu sedih dan kecewa, lokasi bersejarah ini dibiarkan begitu saja.”

Terabaikannya kawasan makam pahlawan itu, lanjut dia, membuktikan perilaku warga ataupun pemerintah saat ini belum mencintai dan menghargai sejarah.

“Katanya bangsa yang besar adalah yang menghormati jasa para pahlawannya, tapi melihat situasi seperi ini, terlihat jika kita bukan bangsa yang besar.”

Untuk diketahui, makam tersebut dibuat atas terjadinya peristiwa Takokak pada 1947-1949, saat Belanda kembali menyerbu Indonesia lantaran tak mengakui kemerdekaan bangsa ini. Lokasi yang sunyi dan sulit terjangkau membuat tempat tersebut dijadikan sebagai area pengeksekusian pejuang dan tokoh intelektual. Satu per satu mereka dibawa menggunakan truk. Setelah itu, mereka dipaksa berjalan menyusuri jalan setapak ke tengah hutan di Gunung Cadas. Setapak demi setapak mereka mendekati kematian.

Setelah sampai di tempat eksekusi, militer khusus Belanda mengeksekusi mereka dengan menempatkan ujung laras tepat di mulut. Sehingga dengan sekali tembak dan dengan satu peluru, tawanan perang itu mati.

Tak terhitung berapa banyak pejuang dan tokoh intelektual yang tewas di sana. Mungkin seratus atau bahkan lebih dari tiga ratus. Pasalnya belum ada penggalian kembali seluruh wilayah di sekitaran titik penggalian pertama. Namun diduga ada titik lain yang menjadi lokasi eksekusi.

Di taman makam pahlawan itu ada sekitar 68 makam, namun diperkirakan masih ada tulang-tulang lain yang belum ditemukan. Bahkan untuk mengulas sejarah di kawasan Cianjur selatan itu, sempat digelar seminar nasional bertajuk “Horor Takokak” yang mendatangkan sejarawan nasional, Anhar Gonggong.

BACA: Horor Takokak, Sepenggal Sejarah yang Terlupakan

Menurut Anhar dalam seminar itu, kekejaman militer khusus Belanda yang dikenal sebagai tentara baret hijau di bawah komando Raymond Pierre Paul Westerling terjadi di banyak tempat, termasuk di Sulawesi selatan pada operasi 2 Maret 1947.

Setiap kampung didatangi dan warganya dikumpulkan di pinggir suatu lubang yang merupakan makam mereka setelah dieksekusi. Setiap orang dewasa ditembak jatuh ke lubang tersebut jika tak mau menjawab siapa tokoh pergerakan di desa tersebut. Oleh karena itu perlu ada pendalaman untuk mengupas siapa yang menjadi korban di Takokak. (isl)

The post Makam Pahlawan Puncak Bungah Tak Terawat appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Makam Pahlawan Puncak Bungah Tak Terawat is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,771,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Makam Pahlawan Puncak Bungah Tak Terawat
Makam Pahlawan Puncak Bungah Tak Terawat
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/06/makam-pahlawan-puncak-bungah-tak-terawat.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/06/makam-pahlawan-puncak-bungah-tak-terawat.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy