Hoax Makin Marak, Warga Cianjur Harus Lebih Cerdas

CIANJUR, patas.id – Relawan TIK Kabupaten Cianjur mendorong warga Cianjur agar lebih cerdas menyaring informasi agar tidak mudah terpancing...

CIANJUR, patas.id – Relawan TIK Kabupaten Cianjur mendorong warga Cianjur agar lebih cerdas menyaring informasi agar tidak mudah terpancing dengan kabar bohong atau hoax yang kini makin marak, baik di media sosial atau aplikasi percakapan di ponsel cerdas.

Anggota Relawan TIK Kabupaten Cianjur, Mario Devys, mengungkapkan bahwa di era digital, warga khususnya pengguna internet dituntut cerdas menyaring seluruh informasi. Pasalnya, tidak semua informasi yang beredar bisa dibuktikan kebenarannya.

“Maka diperlukan pemahaman literasi digital, warga tidak hanya dituntut mampu membaca, tapi juga dituntut untuk mampu melacak sumber informasi apakah sebuah informasi itu benar atau bohong,” ucapnya dalam sejumlah diskusi yang mengupas terkait menyaring informasi di internet.

Menurutnya, cara mudah agar tidak terjebak dengan berita hoax adalah dengan tidak perlu menyebarkan informasi yang tak bisa dibuktikan kebenarannya. Apalagi jika dimedia sosial dan bersumber akun yang tidak jelas.

“Tentunya acuan muamalah media sosial yang dikeluarkan MUI bisa sebagai acuan umat muslim untuk bermedia sosial. Salah satunya dengan tidak menyebar informasi bohong, sehingga tak terhasut.”

“Internet atau media sosial itu kan alat. Alat itu tergantung pada penggunanya, kalau penggunanya perilaku negatif, ya hasilnya juga negatif. Dan itu banyak terjadi sekarang ini, membuktikan juga karakter pengguna internet jadi tidak baik,” tambahnya.

Di samping itu, Pemerintah harus melakukan langkah antisipasi, mulai dari pemblokiran situs yang tidak layak serta memberikan pendidikan atau sosialisasi tentang internet sehat.

“Sebenarnya ada relawan TIK yang melakukan sosialisasi internet sehat. Namun relawan kan terbatas langkahnya, maka dari itu pemerintah melalu Dinas Pendidikan yang mesti mendorong penggunaan internet yang sehat, supaya tidak ada lagi grup pedofil dan kasus bunuh diri dengan ditayangkan secara langsung di Facebook,” tandasnya. (isl)

The post Hoax Makin Marak, Warga Cianjur Harus Lebih Cerdas appeared first on patas.id | PATAS IDea Creative.



The post Hoax Makin Marak, Warga Cianjur Harus Lebih Cerdas is republished from patas.id | PATAS IDea Creative

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: Hoax Makin Marak, Warga Cianjur Harus Lebih Cerdas
Hoax Makin Marak, Warga Cianjur Harus Lebih Cerdas
Blog patas id
http://blog.patas.id/2017/06/hoax-makin-marak-warga-cianjur-harus.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2017/06/hoax-makin-marak-warga-cianjur-harus.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy