20 Tempat Wisata di Cianjur yang Menjadi Favorit

Wisata Cianjur selain menarik minat wisatawan, ternyata juga menarik perhatian investor dalam maupun luar negeri karena mempunyai potensi...


Wisata Cianjur selain menarik minat wisatawan, ternyata juga menarik perhatian investor dalam maupun luar negeri karena mempunyai potensi besar dan juga lokasinya bagus. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata di Cianjur yang memikat.
  1. Gunung Gede
Gunung GedeBagi anda yang memiliki hobi mendaki, tempat wisata yang satu ini sangat tepat untuk  anda kunjungi. Selain itu Gunung Gede juga mempunyai lokasi perkemahan. Udara dan hawanya sejuk segar dengan pepohonan hijau tumbuh rimbun, membuat tubuh terasa rileks.
Gunung dengan tinggi mencapai 2.958 meter di atas permukaan air laut ini hampir tiap minggu akan ramai oleh kunjungan rombongan yang hendak melakukan pendakian. Puncak gunung akan tampak jelas bila anda melihatnya dari Cibodas.
  1. Curug Citambur
Curug CitamburTempat wisata di cianjur, jawa barat selanjutnya ada curug citambur. Pesona alam Curug Citambur sangat mempesona. Suasana di sekitar curug begitu sejuk karena adanya embun yang menyelimutinya. Di sini kita juga bisa mandi sepuasnya, lho.
Selain itu bagi yang suka foto-foto, dapat mengabadikannya lewat lensa kamera anda. Curug ini tingginya mencapai 41 meter dan dapat ditempuh dengan jarak 66 km dari Kota Cianjur. Alamat : Kecamatan Pasir Kuda.
(baca juga: air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi)
  1. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya CibodasKeindahan kebun raya ini sulit diungkapkan dengan kata-kata. Banyak orang menyebutnya sebagai Taman Firdaus Asia bahkan surga yang ada di bumi. Lokasi wisata eksotis ini sangat pas bagi anda yang ingin melakukan relaksasi dan menghilangkan stress karena tekanan kegiatan atau pekerjaan harian.
Saat berada di Kebun Raya Cibodas, sejauh mata memandang, hanya ada pohon dan tanaman yang tampak hijau segar. Letaknya berada di Kaki Gunung Gede Pangrango dengan luas sampai dengan 80 hektar. Menurut data, ada lebih dari lima ribu tanaman dapat kita jumpai di sini.
  1. Pantai Jayanti
Pantai JayantiPantai Jayanti mempunyai keindahan lautan memikat dan alam eksotis. Jaraknya sekitar 140 km dari Kota Cianjur. Pantai yang dekat dengan Cagar Alam Bojonglarang ini lokasi tepatnya ada di Desa Cidamar, Cidaun.
Dengan keindahan alam dan pantai yang cukup asri ini pengunjung tak henti-hentinya untuk datang dan menikmati pemandangan yaang indah. Terutama pada saat matahari terbenam, akan menampakkan sunset yang sangat indah. (baca juga: persiapan untuk liburan ke pantai)
  1. Istana Cipanas
Istana CipanasKetika anda menghabiskan masa liburan di Kota Cianjur, jangan lupa untuk mampir ke Istana Cipanas, ya. Lokasinya di Kaki Gunung Gede, apabila ditempuh dari Jakarta, jaraknya kurang lebih 103 km. Dengan keindahan dan kemegahan gedung layaknya istana raja, tentunya memiliki daya tarik bagi para pengunjung.
Gedung ini dibangun oleh Gubernur Jendral Gustaaf William Baron Van Imhoff pada tahun 1742. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 26 hektar, dengan luas bangunannya mencapai 8.000 meter persegi.
  1. Tirta Jangari
Tirta JangariTempat wisata di cianjur berikutnya adalah tirta jangari yang berada di pinggiran kota cianjur. Lokasi ini termasuk dalam salah satu wisata air yang ada di Cianjur. Apabila ditempuh dari Kota Cianjur, maka jaraknya sekitar 17 km. Lokasi wisata ini ada pada genangan Waduk Cirata.
Pemandangan yang indah dari pantai ini menjadikan wisata ini ada pada list destination saat berlibur. Selain itu, ombah di pantai inipun cukup tenang. Namun sayangnya bagi pengunjung yang ingin menikmati olahraga air, akan sulit melakukannya di pantai ini.
Alamat : Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Cianjur.
  1. Wana Wisata Mandalawangi

Wana Wisata Mandalawangi mempunyai koleksi bermacam flora dan fauna. Tempat ini adalah lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika ada di Kota Cianjur. Sangat cocok untuk liburan dan berkemah di tengah hutan bersama teman-teman.
Berdiri di atas lahan seluas 39,5 hektar pada Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, mempunyai ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan air laut. Suhu di wana wisata berkisar antara 18-20oC. Udara yang dingin akan semakin menambah kesan liburan menjadi lebih asik dan seru. Apabila kita tempuh dari Kota Cianjur, maka jaraknya sekitar 25 km.
  1. Perkebunan Teh Gedeh
Perkebunan Teh GedehLokasi Kebun Teh Gedeh ini terletak di salah satu perkebunan teh yang paling tua di Pulau Jawa bernama Perkebunan Teh PTP Nusantara VIII. Kebun Teh Gedeh memiliki guest house dan area perkemahan. Jaraknya kurang lebih 7,2 km dari Jalan Raya Cipanas-Cianjur.
Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam dan hamparan kebun teh yang indah. Udara yang dingin karena berada di kawasan dataran tinggi ini menjadikan liburan semakin seru. Cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga dalam menghabiskan akhir pekan.
  1. Masjid Agung Cianjur
Masjid Agung CianjurIni adalah salah satu obyek wisata religi yang ada di Kota Cianjur. Berdiri di atas tanah wakaf dari Ny. Raden Bodedar binti Kanjeng Dalem Sabiruddin (Bupati Cianjur ke-4). Masjid ini dibangun pada tahun 1810. Gaya arsitekturnya adalah perpaduan antara modern dan tempo dulu.
Meski gaya arsitekturnya layaknya masjid dahulu kala, namun tak kalah menawan bila dilihat dari dalam masjid. Masjid ini cukup terkenal dan banyak jama’ah yang beribadah di masjid ini. Berbagai kajian dan pengajian kerap kali di langsungkan di masjid ini, dan pengunjung masjind ini tak hanya dari cinajur bahakan dari luar cianjurpun turur hadir.
  1. Situs Megalitik Gunung Padang
Situs Megalitik Gunung PadangBeberapa waktu yang lalu, situs ini sempat menggemparkan nusantara. Ya, sebuah situs berbentuk punden berundak dengan ukuran yang berbeda antara satu dengan lainnya (mirip dengan piramida mesir).
Nah, bagi anda yang penasaran dengan situs yang satu ini silakan catat lokasinya dan langsung meluncur, ya.
Alamat : Kampung Gunung Padang  dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka (apabila ditempuh dari Kota Cianjur, jaraknya kurang lebih 50 km).
sponsored links
  1. Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga NusantaraWisata taman bunga cantik yang tak boleh anda lewatkan adalah Taman Bunga Nusantara. Luas lahannya kurang lebih 35 hektar dengan bermacam koleksi bunga lokal dan luar negeri. Pemandangan dengan hamparan bunga yang beragam akan semkin memanjakan mata. tempat inipun tak pernah sepi pengunjung baik itu dari wisatawan lokal maupun wisatawan asal luar kota.
Kita bisa mengunjunginya lewat Puncak Pass, lalu belok ke arah kiri yaitu ke Perumahan Kota Bunga, jaraknya sekitar 9 km.
Alamat : Jalan Mariawati km 7, Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur.
  1. Danau Sejuta Pesona
Danau Sejuta PesonaTempat wisata di cianjur selanjurnya ada danau sejuta pesona. Obyek wisata danau ini mempunyai bermacam permainan, diantaranya adalah bumper boat, gurita, mandi bola, bumper car, fantasy walk, magic ring, venture river, fun game, sampai dengan live music.
Wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, selain beragam permainan yang bisa dimainakn oleh anak-anak hiburan dan fasilitas yang tersediapun cukup lengkap, sehingga anak-anak tak akan bosan bermain.
Alamat : Kota Bunga.
  1. Perkebunan Teh Panyairan
Perkebunan Teh PanyairanPerkebunan Teh Panyairan adalah perkebunan yang menghasilkan teh hitam CTC milik PTP Nusantara VIII. Luas lahannya sekitar 1.000 hektar dengan ketinggian antara 800-1100 meter di atas permukaan air laut.
Kebun teh yang satu ini memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri, hamparan kebun teh yang menyegarkan mata dengan udara sejuknya akan membuat diri kita tenang karena udara yang masih bersih jauh dari polusi. Sangat cocok berlibur dari kepenatan karena aktivitas yang dikerjakan sehari-hari. Apabila ditempuh dari Kota Cianjur, jaraknya sekitar 35 km.
Alamat : Jalan Raya Campaka, Kecamatan Campaka.
  1. Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas
Arena Fantasi Kota Bunga CipanasObyek wisata yang satu ini isinya adalah area bermain untuk anak dan keluarga. Untuk itu umumnya kebanyakan pengunjung adalah keluarga yang menghabiskan waktu senggang mereka bersama anak-anak.
Arena fantasi kota bunga cipanas ini memang sangat cocok untuk liburan keluarga karena beragam bermainan akan ditemui di tempat ini. Tak hanya itu, disini juga ada berbagai tempat makan yang menyuguhkan makanan khas cianjur bagi wisatawan luar kota.
Alamat : Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur.
  1. Kerajinan Keramik
Kerajinan KeramikSalah satu pusat kerajinan keramik Kota Cianjur ada di Kecamatan Ciranjang. Satu unit usaha ini dikelola oleh beberapa pengrajin. Hasil dari kerajinan keramin khas ciajur ini cukup beragam mulai dari vas bunga dari ukuran kecil hingga ukuran besar.
Tak hanya itu saja, kerajinan keramik jenis lain yang unikpun juga ada, seperti keramik-keramik kecil berbentuk binatang lucu kucing, beruang, anjing dan bentuk lainnya yang memiliki nilai seni.
  1. Kerajinan Kuningan Lampu
Kerajinan Kuningan LampuTempat wisata di cianjur selanjutnya adalah tempat pemuatan kerajinan kuningan lampu. Kerajinan kuningan lampu yang biasa dinamakan lentera gentur ini terbuat dari bahan kuningan serta kaca yang berwarna dengan desain lentera artistik dan cantik.
Kaca-kaca kuningan ini memiliki berbagai macam bentuk dan warna, sehingga pengunjung yang ingin membeli sebagai cendramata dapat memilih untuk dekorasi rumah yang lebih berwarna.
Apabila anda ingin berkunjung ke lokasi pembuatan kerajinan kuningan lampu ini, datanglah ke Kampung Gentur, Desa Lambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kota Cianjur.
  1. Makam Dalem Cikundul

Makam dalem cikundul, tempat wisata yang satu ini apabila ditempuh dari Kota Cianjur, jaraknya sekitar 17 km. Makam Dalem Cikundul mempunyai luas kurang lebih 300 meter persegi. Letaknya ada di atas bukit dan untuk mencapainya kita harus mendaki 200 anak tangga.
Umumnya pengunjung yang datang ke tempat ini merupakan wisatawan religi, dari berbagai daerah di Indonesia, dan umumnya berasal dari pulau jawa. Makam dalem cikundul ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan selalu ramai dengan peziarah luar kota.
Alamat : Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Kecamatan Cikalongkulon.
  1. Bumi Perkemahan Mandala Kitri
Bumi Perkemahan Mandala KitriTempat ini lokasinya ada di kawasan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Ketika memasuki area wisata, hawa dingin akan menyelimuti tubuh anda. Yang termasuk ke dalam area perkemahan ini antara lain adalah Kebun Raya Cibodas, Gunung Putri, Gunung Gede Pangrango, serta Gunung Gegerbentang. Apabila anda menyukai wisata air, di sini ada juga Waduk Cirata, Sungai Cikundul, dan Sungai Citarum.
Tempat-tempat tersebut merupakan destinasi wisata dengan pemandangan yang cukup indah. Maka tak heran bila tempat ini selalu ramai oleh para wisatawan baik dari daerah sekitar maupun luar kota.
  1. Pantai Arfa
Pantai ArfaSalah satu wisata pantai di Kota Cianjur ini lokasinya dekat dengan Alun-alun Sindang Barang. Jaraknya kurang lebih 300 meter dari alun-alun. Karena tempatnya yang tak jauh ini, pengunjung dapat menikmati dua tempat wisata ini secara bergantian. Terutama menikmati di kala sore hari, dimana matahari tak begitu terik.
Dengan berjalan-jalan di alun-alin sindang barang kemudian melihat matahair terbenam di pantai arfa akan semakin memperlengkap lliburan singkat meski hanya di akhir pekan.
Alamat : Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan.

COMMENTS

Nama

berita,1,hosting,1,kuliner,1,Patas.ID,717,patas.id | PATAS IDea Creative,160,promosi,1,server,1,wisata,1,
ltr
item
Blog patas id: 20 Tempat Wisata di Cianjur yang Menjadi Favorit
20 Tempat Wisata di Cianjur yang Menjadi Favorit
https://tempatwisataunik.com/wp-content/uploads/2016/02/Gunung-Gede-300x151.jpg
Blog patas id
http://blog.patas.id/2016/12/20-tempat-wisata-di-cianjur-yang.html
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/
http://blog.patas.id/2016/12/20-tempat-wisata-di-cianjur-yang.html
true
6937857990846384581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy